Malipe

Tentang Kami

Muhammad Ardian
(Chairman)

Terkait Organisasi

  1. MALIPE adalah Lembaga konservasi penyu yang bekerja untuk melindungi penyu dan habitatnya
  2. Semua anggota MALIPE peduli lingkungan hidup dan sayang pada satwa penyu
  3. MALIPE sebagai organisasi lokal percaya diri bahwa aksi konservasi dan kampanye perlindungan penyu dapat dikelola oleh masyarakat lokal secara bermartabat dan
  4. MALIPE tunduk pada undang-undang, regulasi pemerintah dan peraturan pemerintah daerah.
  5. Samua anggota MALIPE dipandang sebagai saudara yang saling bahu-membahu bekerja untuk mencapai tujuan organisasi

MALIPE mewujudkan visi dan misi organisasi dengan berbagai cara seperti

Penjagaan Pulau Balembangan, Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau

Sebelum dilaksanakannya program penjagaan, sarang-sarang penyu di pulau ini dijarah hingga 100% sehingga tidak ada sisa sebutir telur menetas menjadi tukik. Untuk itu perlu segera dilakukan upaya untuk menyelamatkan generasi penyu hijau sehingga mereka tidak punah. Maratua Peduli Penyu menerjunkan para wildlife rangernya untuk menjaga Pulau Balembangan.

Survei Habitat Penyu di Pulau-Pulau Kecil

Masih banyak pulau-pulau di Kalimantan yang sebenarnya adalah habitat penyu. Tapi karena kurangnya data pulau yang berpotensi adanya habitat peneluran penyu membuat masih maraknya pencurian telur penyu di daerah-daerah yang belum termonitoring habitat peneluran penyu.

Patroli Laut

Kabupaten Berau sangat kaya akan sumber daya lautnya, tapi seringkali ditemukan adanya kegiatan illegal fishing (potassium dan bom ikan) yang membuat kerusakan terumbu karang di laut Kabupaten Berau. Maratua Peduli Penyu bersama aparat keamanan akan melakukan patroli di wilayah-wilayah rawan illegal fishing.

Donasi

Untuk saat ini, dana MALIPE didukung penuh oleh Speedboat Tong Nusa Maratua . Apabila anda ingin membantu kami dalam melestarikan penyu, bisa melakukan donasi melalui halaman Donasi & Bantuan .

Kunjungan Sekolah

Maratua Peduli Penyu percaya bahwa edukasi merupakan investasi jangka panjang guna menanamkan kecintaan terhadap lingkungan hidup, khususnya penyu sejak dini. Maratua Peduli Penyu akan melakukan edukasi ke sekolah-sekolah mulai SD, SMP, SMA, Universitas bahkan masyarakat untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan. Edukasi dilaksanakan dengan presentasi lisan, diskusi, permainan hingga pemutaran film.

Survei Perdagangan Penyu dan Turunannya

Maratua Peduli Penyu secara teratur akan melakukan kunjungan ke pasar-pasar untuk memonitoring peredaran/perdagangan aksesoris berbahan dasar karapas penyu sisik. Jika ditemukan adanya perdagangan maka temuan itu akan dilaporkan kepada aparat yang berwajib.